Rabu, 09 Desember 2015

Gowes mandiri BLEGOC Bukit Nglanggeran

Hari itu adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena tepat dimana PILKADA serentak pertama kali dilaksanakan di Republik ini Rabu (09/12/2015). Karena hari itu adalah hari libur ada salah satu  BLEGOCer yang mandiri melaksanakan gowes untuk mengisi kekosongan kegiatan harian yaitu Mr. Derry.   Tak tanggung tanggung Mr. Derry gowes ke arah tempat wisata yang belum begitu populer tapi memiliki keindahan alam yang perlu di promosikan kepada sedulur Goweser semua dimanapun berada.   Awalnya editor malas untuk menuliskan kegiatan ini karena dilakukan secara mandiri dan perorangan, akan tetapi begitu hasil jepretan di share di grup WA dan begitu indahnya akhirnya langsung berburu info tentang tempat tersebut yaitu Bukut Nglanggeran.  Dari berburu info inilah sekelumit informasi tentang Bukit Nglanggeran.


Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung di Daerah Istimewa YogyakartaIndonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit.[1][2] Gunung ini terletak diDesa NglanggeranKecamatan PatukKabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Sewu


LEGENDA
Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang.  Asal kata nglanggeran adalah nglanggar yang mempunyai arti melanggar.  Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen.  Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh.  Mereka mencoba merusak wayang si dalang.  Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.
Ada beberapa bebatuan besar yang menurut cerita warga sekitar digunakan untuk tempat pertapaan warga. Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung.  Di Gunung Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes.


KHARAKTERISTIK
Berdasarkan penelitian, gunung api ini merupakan gunung berapi aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu lalu.  Gunung Nglanggeran berasal dari Gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu.  Gunung ini memiliki bebatuan besar yang menjulang tinggi sehingga biasanya digunakan sebagai jalur pendakian dan tempat untuk pertapaan warga. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar.


PERJALANAN MENUJU PUNCAK NGLANGGERAN MELIHAT SUNSET
Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit.  Dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam, wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu.   Apabila berangkat sore, wisatawan dapat menyaksikan matahari yang terbenam.  Selain itu, pengunjung juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek. Ada papan petunjuk yang membuat wisatawan tidak mudah tersesat.


PENGEMBANGAN WISATA EMBUNG NGLANGGERAN
Tahun 1999, obyek wisata ini dikelola Karang Taruna Bukit Putra Mandiri yang mengenakan tarif tiket Rp 500 per orang, namun fasilitasnya belum lengkap.  Mengingat banyaknya potensi budaya dan ekowisata di situs gunung api tersebut, tahun 2008 [Badan Pengelola Desa Wisata Nglanggeran mengambil alih pengelolaannya dan menambah berbagai fasilitas.
            Di sekitar Gunung Nglanggeran dapat dijumpai embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung.  Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.  Pengunjung bisa naik ke embung dengan tangga.  Sampai di sisi embung, pengunjung bisa melihat matahari terbenam dan melihat gunung api purba di seberang embung.


Harga tiket masuk update 10 October 2014, untuk menikmati wisata alam Jogja ini, hanya sebesar 7.000 rupiah di pagi hari, 9.000 rupiah di malam hari, dan untuk wisatawan asing sebesar 12.000 rupiah saja. Kawasan wisata Gunung Api Purba, Nglanggeran ini dikelola secara resmi oleh Karang Taruna Desa Nglanggeran.

Sepertinya nasyik ya buat tujuan Gowes

Akhirnya salam BLEGOC dan salam Kring2 gowes

 Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Nglanggeran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar