Jumat, 12 Mei 2017

Partisipasi BLEGOC dalam Donor Darah HUT Ke-2 PITNIK Jogja Jum'at (12/05/2017)

       Masih dalam rangkaian kegiatan HUT ke-2 Komunitas Pitnik Jogja yang BLEGOC ikuti, Jum’at (12/05/2017) dilaksanakan kegiatan Donor darah di UDD PMI Jogjakarta.    Kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti wujud manfaat bagi kemanusiaan yang ditunjukkan secara langsung oleh Komunitas Gowes di Djogja Istimewa.    Kegiatan berlangsung sangat menarik dan penuh kehangatan kebersamaan serta diikuti oleh puluhan goweser yang tergabung dalam Komunitas Pitnik Jogja dan sahabat-sahabatnya.    BLEGOC sebagai salah satu Sedulur Gowes Sahabat Pitnik Jogja tidak lupa ikut berpartisipasi dengan mengirimkan dutanya (BLEGOCers) untuk mengikuti kegiatan tersebut.   Kegiatan berlangsung mulai pukul 18.30 wib sampai dengan selesai, selain kegiatan donor darah juga diisi oleh kegiatan lainnya yang berhubungan dengan masalah acara donor darah tersebut.    .


Donor Darah Komunitas Pitnik Jogja

Manfaat Donor Darah

         Kata donor darah bukan sesuatu yang asing lagi bagi semua orang, akan tetapi tidak semua orang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan donor darah.   Banyak orang membayangkan hal yang sangat menakutkan mendengar kata tersebut.   Wajar saja karena berhubungan dengan salah satu cairan tubuh yang paling vital dalam memberi kehidupan untuk manusia yaitu DARAH.  Sebagai bahan pengetahuan kita bersama dapat kita ambil beberapa manfaat dari donor darah bagi seorang pedonor.   Donor darah memang tindakan yang sangat mulia mengingat hal itu sangat bermanfaat bagi orang lain. Berbicara mengenai Manfaat Donor Darah, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan, tetapi ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu bagi penerima (resipien) yang diberi donor dan bagi donor (penyumbang) atau pemberi.


I,          Manfaat Donor Darah bagi Penerima.

Untuk poin pertama yaitu manfaat bagi penerima donor darah, saya rasa kita semua sudah tahu, donor darah dapat bermanfaat untuk membantu mereka yang kekurangan darah, darah akan diberikan melalui proses yang dinamakan transfusi darah yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa seseorang. contohnya: Transfusi darah untuk korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah. Penderita penyakit tertentu yang akan menjalani operasi besar. Kasus-kasus tertentu demam berdarah. Untuk pasien talasemia mayor. dan masih banyak yang lainnya. Manfaat Donor Darah bagi Donor Untuk poin kedua, saya rasa masih banyak yang belum mengetahui, bahkan tidak sedikit bagi mereka yang malah takut kekurangan darah lantaran mendonorkan darahnya.

II.         Berikut manfaat donor darah bagi pendonor.

1.            Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan.   Telah kita bahas sebelumnya pada artikel yang berjudul donor darah, bahwa sebelum mendonorkan darahnya calon donor akan diperiksa terlebih dahulu berat badannya, tekanan darah, frekuensi nadi, kadar hemoglobin(Hb), dan pemeriksaan oleh dokter. tentu hal ini sangat menguntungkan, dimana kesehatan kitapun selalu terawasi (check-up rutin) apalagi gratis. jadi jangan takut kekurangan darah.

2.            Jantung Sehat.    Manfaat donor darah selanjutnya yaitu donor akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung. hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular.

3.            Menurunkan level iron.   Setiap kali seseorang mendonorkan darahnya dapat bermanfaat menurunkan kadar iron (zat besi) dalam tubuh, turunnya level iron dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kadar besi yang tinggi memiliki potensi untuk meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular karena zat besi mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh, yang merusak arteri yang pada akhirnya mempermudah terjadinya aterosklerosis.

4.            Menurunkan risiko kanker.    Donor darah yang konsisten akan bermanfaat menurunkan risiko kanker, termasuk diantaranya kanker hati, paru-paru, usus besar, lambung dan kanker tenggorokan. Tingkat risiko menurun seiring dengan seberapa sering partisipan mendonorkan darahnya. (Anda dengan aman dapat mendonorkan darah setiap 3 bulan (untuk pria) dan 4 bulan (untuk wanita).

5.            Membaharuan sel-sel darah.    Bila seseorang mendonorkan darahnya, tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif.

6.            Manfaat Donor Darah untuk Membakar kalori.   Seseorang akan membakar sekitar 650 kalori per sumbangan dari satu pint (500ml) darah, menurut University of California, San Diego. Pendonor darah yang rutin menyumbangkan bisa kehilangan sejumlah besar berat badan, akan tetapi jangan dibunakan sebagai program penurunan berat badan ya.

7.            Pemeriksaan Analisis Darah Gratis.   Saat mendonorkan darah, maka darah donor akan diperiksa di laboratorium untuk pengujian sifilis, HIV, hepatitis, dan penyakit lainnya. Pemeriksaan itu untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat donor darah atau tidak.

Wah, ternyata manfaat donor darah banyak sekali ya,,,, Ayo Jangan Ragu untuk Donor Darah. (Sumber : https://mediskus.com/kb/manfaat-donor-darah).

            
BLEGOCers dalam Donor Darah Pitnik Jogja

Bersama nDan PITNIK Jogja

Partisipasi BLEGOC dalam kegiatan tersebut merupakan wujud kebersamaan yang selama ini sudah terjalin sangat baik sebagai sedulur gowes.    Walaupun hanya mengirimkan duta 1 orang  BLEGOCers (Mr. Lulik Pentil/Waka BLEGOC), karena keterbatasan pengetahuan tentang manfaat donor darah juga sebagian besar BLEGOCers belum lama sudah melaksanakan donor darah di tempat kerja masing-masing.    Partisipasi yang sudah BLEGOC berikan secara ikhlas tidak mengharapkan sesuatu yang harus dinilai secara berlebihan, harapan kami dapat meningkatkan tali silahturahmi sedulur gowes sebagai sahabat PiTnik  “Perseduluran Gowes Tidak Lekang oleh Jaman” dan memberikan manfaat bagi orang lain.    Semoga apa yang sudah diberikan oleh Komunitas Pitnik Jogja dalam kegiatan donor darah ini dapat memberikan manfaat bagi orang lain yang membutuhkan, karena Setetes Darah Anda Dapat Menyelamatkan Nyawa Orang Lain.

Salam kebersamaan dan salam gowes.... Kring... Kring... Kring.


...

1 komentar: