Sabtu, 07 Mei 2016

Me-BLEGOC Di Deles Klaten Pothel Dengkule Sabtu (07/05/2016)

Pagi itu Sabtu (07/05/2016) memang sudah kita rencanakan akan mengisi liburan panjang dengan gowes dengan rute yang menurut banyak pegowes asyik dan lumayan panjang yaitu ke Deles Indah Klaten.   Dengan kekuatan 7 (tujuh) BLEGOCers kamipun dengan penuh semangat berangkat menuju ke sasaran setelah dengan penuh perencanaan yang masif dan matang sehari sebelumnya.    Walaupun dengan modal air putih tanpa sarapan kamipun berangkat dengan rute Kalasan-Prambanan=Manisrenggo=Pasar Kembang-Kemalang-Deles.  Beberapa hal menarik yang bisa kita cuplik tentang OW Deles antara lain dapat dinikmati infonya berikut ini.



 
Para Sedulur Gowes pasti suka bila berwisata alam, karena kita bisa melepas penat sehabis beraktifitas seharian. Apalagi kumpul bareng keluarga, pasti rasanya mengasikan. Untuk itu silahkan cobain untuk berwisata di Deles Indah ini. Wisata alam ini merupakan bagian dari lereng gunung Merapi, yang terletak di kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.   Para Sedulur Gowes yang kesini pasti ga akan kecewa, karena Deles Indah mempunyai potensi spesifik suasana pemandangan alam pegunungan. Dari obyek wisata deles dapat dilihat pemandangan puncak Merapi dengan nyata, pemandangan kota Klaten yang dihiasi dengan cerobong Perusahaan Gula gondang Baru & perusahaan Ceper Baru, Rowo Jombor dan jajaran Gunung Kapur menjadi panorama yang indah. Para Sedulur Gowes tau ga, ternyata nih ketinggian Deles Indah antara 800 m -1300 m diatas permukaan laut, cukup tinggi juga kan?.




Para Sedulur Gowes tau sejarah dari Deles Indah ini? usut punya usut ternyata Deles Indah terdapat kawasan yang luas dengan pemandangan alam yang sejuk khas pegungunan dan terdapat berbagai peningalan-peninggalan sejarah dan tempat-tempat rekreasi khusus. Di antaranya adalah:

Bekas pasanggrahan Pakubuwana X: tempat ini berupa bangunan pesanggrahan yang dipakai untuk bertapa/bersemedi oleh Sunan Pakubuwana X pada sekitar tahun 1938.    – Makam Kyai Mlayopati: yaitu sebuah bangunan berupa makam, disekelilingnya terdapat pelataran sederhana yang biasa dipakai untuk ziarah/nyepi oleh penduduk Kemalang dan sekitarnya.   Sendang Kali Reno: yang berupa sendang/mata air yang mempunyai warna air yang berwarna-warni. – Taman Ngajaran: sebuah taman yang terletak di bagian barat hutan Akasia dan sebelah utara pesanggrahan Pakubuwana X dan juga di sepanjang jalan menuju bukit Petung. Taman ini biasa digunakan untuk rekreasi dan camping.   Taman Pring Cendani: scara alami lokasi ini merupakan hutan bambu yang tidak teratur, di dalamnya terdapat jalan setapak menuju ke puncak merapi. Satu potensi khusus dari taman ini yaitu dominan ditumbuhi satu vegetasi bambu-bambu pendek / pring Cendani.   Gua Sapuangin: sebuah gua yang terletak di bawah bukit Pring Cendani yang memiliki kedalaman sekitar 8m.





Di Deles Indah juga terdapat CCTV Stasiun Pasar Bubar dan Deles yang berfungsi untuk mengawasi aktivitas gunung Merapi. Stasiun tersebut merupakan tempat yang didirikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) Yogyakarta. (Sumber: id.wikipedia.org).   Para Sedulur Gowes yang ingin kesini ga usah khawatir dengan harga tiketnya, karena hargany sangat terjangkau yaitu cuma Rp 2.000 saja. Murah meriah kan? Ongkos parkir juga cuma Rp 2.000 saja (harga sewaktu-waktu berubah). Ayo tunggu apalagi? buruan datang dan nikmati wisata alam nya, berikut beberapa gambar khusus Para Sedulur Gowes.








Nan itu tadi hal yang menarik yang dapat diambil sekelumit tentang Deles.    Namun demi kebaikan hal kurang menariknya para sedulur gowes harus pandai mencari rute agar tidak bebarengan dengan rute truck pengankut pasir, karena polusi yang ditimbulkan lumayan mengganggu pernafasan disaat kita yang lagi terengah-engah asyik dengan tanjakan.    Yang jelas gowes kali ini memberikan pelajaran berarti bahwa apapun yang terjadi Blegoc harus sampai sasaran tujuan bagaimanapun caranya dan kondisi apapun, mau kram, keju-keju, dengkul copot, nafas terengah-engah dan lain-lain.    Apalagi kalo makanya nasi sambel sama ikan pindang ya jadinya kaki kena kucing hehehehe... Selamat buat BLEGOCers Wanto, baru ikut langsung dihajar rute maut hahahaha...

Akhirnya bagi sedulur gowes selamat mencoba dan salam Gowes.....

Sumber info:  http://www.telusurindonesia.com/deles-indah.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar